Sun Tzu - Strategi Dalam Melancarkan Perang

Sun Tzu - Strategi Dalam Melancarkan Perang - Hallo sahabat The Wisdom of Ancient Chinese, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sun Tzu - Strategi Dalam Melancarkan Perang , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tao The Ching, Artikel The Art of War, Artikel The Wisdom of Ancient Chinese, Artikel The Words of Confucius, Artikel The Words of Zhuang Zi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sun Tzu - Strategi Dalam Melancarkan Perang
link : Sun Tzu - Strategi Dalam Melancarkan Perang

Baca juga


Sun Tzu - Strategi Dalam Melancarkan Perang


Strategi yang digunakan :

Kerahkanlah sumber-sumber daya yang memadai
Jadikanlah waktu itu sekutu anda
Semua orang harus diuntungkan dari kemenangan-kemenangan
Kuasailah bidang anda
Karena strategi yang ideal adalah apapun yang paling efektif, pelaksanaan merupakan komponen dari  strategi. Seorang ahli strategi Eropa, Kapten Johnstone, menulis pada tahun 1916 :

Anda tidak tahu bagaimana musuh ditempatkan? Bertempurlah dan cari tahulah. Serangan yang menentukanhanya dapat dilakukan dengan penuh keyakinan setelah beberapa lama bertempur. Serangan coba-coba bukanlahpertempuran terpisah, melainkan awal dari pertempuran yang sesungguhnya. Lancarkanlah formasi terhadap keseluruhan front nya maka anda kenali bentuknya.

Dengan strategi yang tepat, pertempuran baru separuh dimenangkan, strategi akan sukses bila diikuti dengan pelaksanaan taktik yang profesional. Akan timbul masalah ketika perencanaan dipisahkan dari pelaksanaan. Ini adalah ibarat memisahkan berfikir dari berbuat dan mengaburkan tanggung jawab. Lebih baik melibatkan diri dalam semacam bentuk perencanaan sekaligus pelaksanaan. Latihan menyiapkan rencana cadangan menghasilkan wawasan tentang ancaman dan peluang.
Fig. Ancient Chinese Chariot


§ “Kerahkanlah sumber-sumberdaya yang Memadai”

Investasikanlah sumber-sumber daya yang memadai agar operasinya lancar. Damon Runyon, “Pertempuran belum tentu dimenangkan oleh yang cepat, tetapi demikianlah cara bertaruh yang baik”

Pengalokasian sumber-sumber daya yang memadai untuk pengembangan produk dan jasa di masa depan itulah yang menjamin sukses.

§ “Jadikanlah Waktu itu Sekutu Anda”

Kuncinya adalah menjadi efektif dan efisien secara cepat

Kemenangan yang diraih cepat sungguh merupakan tujuan utama, dan nilai waktu sedikit mendahului lawan telah berkontribusi terhadap banyak kemenangan. Meraih keuntungan ini melibatkan awal yang cepat dan meraih posisi kekuatan secara cepat.

Berikut adalah beberapa persoalan kunci dalam menjadikan waktu itu sekutu anda :
  • Sebagai aturan, paling dini itu paling baik. Waktu yang dihemat sama dengan waktu yang diraih.
  • Semakin lama anda mulai, semakin banyak yang anda butuhkan.
  • Semakin mendesak kebutuhan untuk mengambil keputusan, semakin lama waktu yang dibutuhkan.
  • Pengambilan keputusan yang cepat menghasilkan pelaksanaan yang cepat.
  • Aksi yang cepat adalah aksi yang sekaligus.
  • Keputusan-keputusan yang ditunda ujung-ujungnya kehilangan kualitas positifnya.
  • Semua konsekuensi positif dari kecepatan itu diraih berkat serangan dini.
  • Semakin anda tidak menunda-nunda semakin kecillah kemungkinan anda terkejut. Semakin tidak siaplah pesaing anda.
  • Semakin besar kemungkinan waktu serangan anda lebih dini dari pada yang diduga. Akibatnya lawan anda akan terkejut dan konsekuensinya akan menguntungkan anda.
§ “Semua Orang Harus Diuntungkan Dari Kemenangan-kemenangan”

Perkuat sumber daya manusia dan aset material dengan setiap kemenangan yang diraih.

Seperti kata Sun Tzu, “Ini disebut sebagai menjadi semakin kuat dalam proses mengalahkan musuh”. Alangkah sayangnya, memenangkan pertempuran tanpa menjadi lebih kuat.

Terlalu sering, akuisisi sebuah perusahaan mengakibatkan “penyapuan” orang-orang yang sangat kompeten dan berpengalaman. Karena orang-orang yang berpengalaman ini diberhentikan, perusahaan yang diakuisisi ini menjadi semakin lemah.
Fig. War Commander

Strategi akuisi dari banyak perusahaan yang sukses adalah mempertahankan pemilik semula serta staf dari perusahaan yang diakuisisi sebagai manajer aktif sambil menyediakan sumber-sumber daya keuangan untuk membiayai pertumbuhan di masa depan. “salah satu tujuan kunci dalam suatu akuisisi adalah mempertahankan manajemen yang ada. Merekalah orang-orang yang membangun bisnisnya, dan kalau kita mau membeli bisnis tersebut penting sekali kita memanfaatkan kekuatan mereka”.

§ “Kuasailah Bidang Anda”

Kuasailah keahlian yang dibutuhkan untuk meraih kemenangan.

Ketika bangsa Romawi zaman dulu membangun suatu struktur, insinyur yang merancangnya berdiri dibawahnya setelah kerangka penopangnya disingkirkan. Keahlian dibidang tersebut benar-benar menentukan apakah ia hidup atau mati.


Demikianlah Artikel Sun Tzu - Strategi Dalam Melancarkan Perang

Sekianlah artikel Sun Tzu - Strategi Dalam Melancarkan Perang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sun Tzu - Strategi Dalam Melancarkan Perang dengan alamat link http://oldchinesewisdom.blogspot.com/2016/11/melancarkan-perang.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sun Tzu - Strategi Dalam Melancarkan Perang "

Post a Comment